SEMINAR NASIONAL
Seminar Nasional Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya

By Pascasarjana 06 Feb 2019, 17:25:43 WIB Jurusan


SEMINAR NASIONAL

Seminar Nasional

Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya

 

Diselenggarakan dalam Rangka

Dies Natalis ke- 37

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

Tema:

"Pembelajaran Bahasa Indonesia Perspektif Kurikulum 2013 Menuju Keunggulan Literasi Bangsa"

 

Sabtu, 13 Oktober 2018

Pukul 08.00 s.d. 16.00

Hotel Wisata Baru, Serang

 

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

Pascasarjana

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

 

Latar Belakang

Bandul Pemelajaran bahasa kini bergerak ke arah yang lebih fugsional. Jika ditimbang dari praktik masa lalu, pemelajaran bahasa setakat ini tidak lagi berancangan struktural yang terpumpun pada aspek formal bahasa. Kenyataan itu membawa dampak perubahan yang cukup drastis. Orientasi yang ingin dituju melalui pemelajaran bahasa Indonesia di sekolah adalah siswa mahir memproduksi bahasa untuk aneka nosi seturut dengan konteks yang melatarinya.

Pemelajaran berbasis genre yang menjadi ancangan Kurikulum 2013 bertujuan agar siswa melibati bahasa secara fungsional. Melalui pemajanan terhadap aneka macam teks, siswa dituntut menguasasi struktur teks dan fitur linguistiknya sehingga berkemampuan memproduksi teks secara lisan dan tulis dengan menggunakan genre dan register yang sesuai. Selain itu, pemelajaran bahasa juga diarahkan pada penguasaan literasi fungsional agar siswa berkesiapan menjadi pribadi yang mampu menghadapi tantangan dan problematik kehidupan, baik dalam dimensi lokal maupun global.

Namun, dalam praktik pembelajaran yang riil di sekolah, pembelajaran berbasis genre atau teks bukan berarti berjalan mulus tanpa hambatan. Sampai setakat ini, terdapat senarai masalah yang perlu diatasi agar selaras dengan harapan yang ideal. Terdapat beberapa isu dan problematik yang harus direpsons, antara lain (1) masih suburnya keliru gagas dan simplifikasi terhadap ciri dan fitur teks yang secara kodrati melekat pada tiap-tiap jenis teks dan (2) malapraktik pembelajaran sebagai representasi dari galat dalam menyusun atau mendesain perangkat pembelajaran.

Dengan memperahtikan hal tersebut, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa perlu melakukan seminar ilmiah nasional dengan mengusung tema yang gayut dengan persoalan yang dipaparkan tersebut. Semina ini ditujukan untuk memperkaya perspektif dan keilmuan para peserta, baik yang berlatar belakang sebagai mahasiswa, guru, maupun dosen bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, seminar ini pun ditujukan agar terjadi pembenahan proses pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah sehingga terjadi proses kuratif yang lebih bermakna.

Tujuan

Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pemelajarannya ini bertujuan:

  • memperkaya perspektif dan cakrawala pemahaman atas jenis teks, struktur teks, dan fitur linguistik teks;
  • meningkatkan kualitas proses dan hasil pemelajaran bahasa Indonesia;
  • menggairahkan semangat membangun masyarakat belajar menuju masyarakat wacana berbasis literasi.

Tema

Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pemelajarannya ini mengusung tema "Pembelajaran Bahasa Indonesia Perspektif Kurikulum 2013 Menuju Keunggulan Literasi Bangsa".

Pembicara

Seminar Nasional Bahasa, Sastra dan Pemelajarannya ini menghadirkan dua orang pakar sebagai berikut.

  1. Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum. (Pakar Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran) yang akan memaparkan materi "Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Perspektif Kurikulum 2013".
  2. Dr. Yeti Mulyati, M.Pd. (Pakar Bahasa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Indonesia) yang akan memaparkan materi "Desain Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013".

Peserta

Peserta Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pemelajarannya ini adalah

  1. mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 yang berminat terhadap isu bahasa, sastra, dan pemelajarannya;
  2. guru bahasa Indonesia pada pelbagai jenjang;
  3. dosen bahasa Indonesia yang mengampu mata kuliah kebahasaan, kesusastraan, atau pembelajaran;
  4. peneliti dan penyuluh bahasa.

Proses Pendaftaran

Pendaftaran untuk menjadi peserta Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pemelajarannya ini dilakukan dengan cara mengisi formulir dan menyerahkan formulir terisi kepada panitia.

Alamat Panitia

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jalan Raya Jakarta KM 4, Pakupatan Serang Banten Telp (0254) 280330 pesawat 204

Narahubung

Dr. Ediwarman, M.Pd. (081210990863)

Dr. Odien Rosidin, M.Hum. (081585325377)

Agus Heryanto, SE. (081911252250)

Abi (085215112814) - Staf Prodi PBI Pascasarjana Untirta 

Waktu dan Tempat 

Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pemelajarannya ini dilaksanakan hari Sabtu, 13 Oktober 2018, pukul 08.00 s.d. 16.00, di Hotel Wisata Baru, Jalan Maulana Yusuf No. 16 Cimuncang Kecamatan Serang, Kota Serang Banten Kode POs 42111 Telepon (0254) 200119.

LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Visitor Statistic

023479


Pengunjung Hari ini : 106
Total pengunjung : 23479
Hits hari ini : 466
Total Hits : 96420
Pengunjung Online : 4